Minggu, 24 Desember 2017

Cara Praktis Mengambil Screenshot di Laptop & Komputer

Cara Screenshot alias tak jarang juga disebut sebagai Screen Capture di Laptop maupun Komputer sejujurnya sama saja, sebab yang membedakan kedua gadget tersebut hanyalah fisiknya, dimana Laptop berkapasitas ramping serta dapat mobile, sementara Komputer mempunyai ukuran yang berkali-kali lipat lebih besar dari Laptop serta hanya dapat terdiam di aspek ruangan.

Bicara tentang Tutorial Mengambil Screenshot di Laptop serta Komputer, dimana apabila kami telusuri sesungguhnya ada tak sedikit sekali Tutorial yang dapat kami gunakan diantarny merupakan dapat dengan memakai software Light Shot, Capture Webpage Screenshot alias yang paling praktis serta merupakan dengan memakai tombol Prt Scr.

Tetapi sayangnya apabila kami mengmbil screenshot memakai tombol Prt Scr maka yang bakal terscreenshot hanyalah tahap yang terkesan oleh layar, sehingga ketika kami membuka web serta nyatanya web tersebut mempunyai height alias tinggi diatas 2000px, praktis kami tak bakal dapat mencreenshot seluruh isi dari web tersebut apabila kami memakai tombol Pulsa Online Prt Scr. Serta solusi dari persoalan tersebut merupakan memakai software alias cocoknya add-on dari Fire Shot yaitu Capture Webpage Screenshot.

Saya bakal menjelskan satu persatu bagaimana tutorial mengambil screenshot dengan dua metode tersebut.


2 CARA SCREENSHOT DI LAPTOP & KOMPUTER


Sebelumnya pastikan di laptop Kamu ada tombol Print Scrn, Prnt Scrn, Prt Scn, Prt Scr alias Prt Sc. Apabila telah ada, mari kami masuk pada pembahasan pertama, yaitu tutorial paling praktis mengambil screenshot memakai tombol.


CARA MENGAMBIL SCREENSHOT DENGAN TOMBOL PRT SC

Tombol Preentscreen ini ada tak sedikit sekali namanya, contohnya kalau di Asus dinamai Prt Sc Sysrq serta keyboard saya Sturdy diberi nama Prt Scr. Hanya tak sama pada penamaan, tapi untuk manfaatnya sama saja, yaitu untuk mencapture screen Laptop alias Komputer kita.

Untuk mengambil Screenshot memakai Tombol ini sebetulnya lumayan sederhana, berikut langkah-langkahnya.

Sorot foto yang ingin di Screenshot

Cara Mengambil Screenshot dengan Tombol Prt Sc foto 1
Cara Mengambil Screenshot dengan Tombol Prt Sc (Gbr .1)

Disini saya mengambil contoh bakal meperbuat screenshot pada kata 'Cara Screenshot Berguru SEO'

Tekan tombol Prt Sc / Prt Scr

Cara Mengambil Screenshot dengan Tombol Prt Sc foto 2
Cara Mengambil Screenshot dengan Tombol Prt Sc (Gbr .2)

Tombol Printscreen biasanya terletak pada tahap pojok kanan atas keyboard.

Buka software Paint

Cara Mengambil Screenshot dengan Tombol Prt Sc foto 3
Cara Mengambil Screenshot dengan Tombol Prt Sc (Gbr .3)

Tunggu hingga software terbuka dengan sempurna

Tekan CTRL + V

Cara Mengambil Screenshot dengan Tombol Prt Sc foto 4
Cara Mengambil Screenshot dengan Tombol Prt Sc (Gbr .4)

Screenshot telah jadi, tetapi sebab saya ingin memfokuskan pad kata 'Cara Screenshot ...' maka saya gunakan Tool Crop untuk memotong tahap yang tak butuh

Butuh dicatat bahwa Kamu tak dapat mengambil dua screenshot dalam satu waktu, artinya kami wajib rutin bolak balik di web serta paint, di web untuk menekan tombol Prt Sc lalu ke Paint untuk mem-paste sekaligus men-save foto yang telah kami screenshot tadi, serta selanjutnya kami kembali lagi ke web untuk mencari foto yang bakal di screenshot, lalu ke Paint, serta begitu sesemakinnya.


CARA MENGAMBIL SCREENSHOT DENGAN ADD-ON CAPTURE WEBPAGE

Capture Webpage Screenshot merupakan Add-On yang dibangun oleh Fireshot. Serta semacam yang saya jelaskan diatas, kelemahan dari mengambil screenshot memakai tombol Prt Sc merupakan hanya dapat mengambil Screenshot dari apa yang terkesan di layar. Solusi dari persoalan tersebut merupakan dengan 'meminta' bantuan dari Capture Webpage Screenshot. Serta berikut tutorial memakainya khusus untuk Kamu pengunjung setia blog ini.

Silahkan kunjungi Google Web Store

Cara Mengambil Screenshot dengan Fireshot foto 1
Cara Mengambil Screenshot dengan Fireshot (Gbr .1)

Apabila telah hingga ke Web Store, Kamu dapat mencari add-on tersebut dengan mengetikkan Capture Webpage Screenshot

Klik Available on Chrome

Cara Mengambil Screenshot dengan Fireshot foto 2
Cara Mengambil Screenshot dengan Fireshot (Gbr .2)

Saya lupa dulu apa ya kata-kata persisnya, semacamnya bukan Available on Chrome, serta warnanya juga tak biru tapi hijau, tapi yang tentu silhkan Kamu klik di tahap yang saya tandai tersebut

Buka Web yang ingin di Screenshot Penuh

Cara Mengambil Screenshot dengan Fireshot foto 3
Cara Mengambil Screenshot dengan Fireshot (Gbr .3)

Saya ambil contoh disini saya bakal mengambil screenshot penuh 1 halaman di web saya, terkesan jelas dari screenshot diatas saya hanya memakai Prt Sc, dimana tahap (bawah) yang tak murah layar tak ikut di screenshot, ini nantinya yang bakal membedakn Prt Sc dengan Capture Webpage Screenshot Fireshot

Klik Capture Entire Page and Save

Cara Mengambil Screenshot dengan Fireshot foto 4
Cara Mengambil Screenshot dengan Fireshot (Gbr .4)

Arahkan kursor ke logo Capture Webpage yang ada di pojok kanan atas, selanjutnya silahkan And klik 'Capture Entire Page and Save' serta nantinya Kamu bakal diminta untuk memberi nama pada screenshot tersebut

Hasil Sehingga Screenshot 1 Halaman Penuh

Cara Mengambil Screenshot dengan Fireshot foto 5
Cara Mengambil Screenshot dengan Fireshot (Gbr .5)

Apabila hasilnya sama semacam foto diatas, maka dapat dipastikan Kamu telah sukses memakai Capture Webpage Screenshot, selamat


Kedua Tutorial Mengambil Screenshot di Laptop & Komputer yang saya sebutkan diatas dapat Kamu coba untuk menscreenshot halaman web halamanannya memanjang kebawah. Tetapi sayangnya, sebab Capture Webpage Screenshot merupakan Add-On untuk Google Chrome, maka hanya dapat dipakai di produk Google tersebut, serta saya juga tak terlalu tahu apakah terdapat juga di Mozilla FireFox.

Selain mengambil screenshot di Laptop serta Komputer, mungkin Kamu juga bakal dibangun bimbang bakal Tutorial Mengambil Screenshot di Android alias Beli Pulsa Dengan Paypal Device Anda. Saya akui mengambil screenshot di Android dengan OS Android 4.0 kebawah alias dibawah ICS (Ice Cream Sandwich) lumayan sulit, bahkan semacamnya wajib di root, tetapi apabila Handheld / Device Android Kamu telah ber OS 4.0 alias diatasnya, maka lumayan dengan menekan tombol Power + Volume Down.

Itu saja trik pendek dari saya tentang Tutorial Praktis Mengambil Screenshot di Laptop & Komputer serta diatas telah saya kasih juga bonus Tutorial mengambil screenshot di device Android. Besar andalan saya semoga postingan ini dapat berguna untuk Kamu yang membutuhkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar